Dunia Komputer

Seputar Pendidikan dan Teknologi

Tutorial Cara Mudah Membuat Hak Cipta Artikel di Blog


Dunia Komputer - Sahabat setia blog yang menunggu akan antrian artikel ini, kali admin ingin memberikan gambaran tentang hak cipta pada sebuah blog. Pada umumnya semua hasil karya seseorang telah memiliki hak cipta masing-masing, mulai dari artikel, gambar, video dsb. Itu semua memiliki hak paten oleh pembuatnya. Seperti halnya contoh kasus ada orang yang meng copy semua isi dari artikel yang kita buat sebelumnya. Tentu saja itu sangat melanggar hak cipta copy paste, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara membuat hak cipta artikel.

Sebenarnya untuk seorang penulis blog tidak luput dari kesalahan dan saya akan memberikan tips cara copas yang tidak melanggar peraturan copy paste. Antara lain anda dapat meminta izin langsung ke pemiliknya dan apabila memungkinkan perlu mencantumkan sumbernya. Dengan begitu anda sudah meminta per izinan terlebih dahulu ke pembuatnya.

Tips selanjutnya anda bisa mendapatkan artikel dengan menulis ulang tanpa copy paste. Pada tips ini harus pintar merangkai kata-kata sehingga bisa dijadikan sebagai karya dari versi anda sendiri. Anda juga tetap harus meminta izin terlebih dahulu agar anda mendapatkan per izinan dari pembuatnya langsung.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial cara mudah membuat hak cipta artikel, dengan hak paten ini anda memilik keleluasaan di artikel yang anda buat. Dengan membuat orang menjadi heran jika meng copas artikel anda. Dan akan secara otomatis muncul dengan sendirinya link artikel asli anda yang copas. Simak penjelasan dan tutorial berikut :
Cara membuat hak cipta artikel ini sangat mudah di praktekan untuk blog anda secara langsung. Karena selain simple cara ini sudah terbukti bisa membuat si copy paste heran dengan hasil copasnya. Anda juga dapat mencobanya langsung dengan cara copy artikel anda dan coba anda paste kan di blog lain. Atau juga dapat anda coba dengan menempelkan hasilnya dari artikel yang telah anda copy ke Tools Notepad dan lihat hasilnya. Jadi cara ini menjadi referensi yang baik buat memaksimalkan blog yang telah anda buat sebelumnya. Agar anda dapat dengan mudah menjaga hasil karya anda di blog.

Adapun langkah yang anda harus terapkan di blog anda adalah denan cara sedikit memasang script di halaman HTML Blog anda. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan saya dibawah ini.

Langkah pertama
Anda harus masuk di blog yang telah anda buat sebelumnya, lalu anda masuk di dasboard blog yang akan dibuatkan hak cipta artikel. Selanjutnya anda klik dihalaman template dan untuk memasng Kode HTML nya anda bisa masuk di halaman Edit HTML dengan cara klik yang telah saya kasih tanda panah diatas.

Lalu salin code HTML dibawah ini untuk nanti ditempelkan di halaman Edit HTML.
Kode HTML Hak Cipta Artikel Blog
<script type='text/javascript'>
function addLink() {
var body_element = document.getElementsByTagName('body')[0];
var selection;
selection = window.getSelection();
var pagelink = &quot;<br/><br/> Sumber: <a href='&quot;+document.location.href+&quot;'>&quot;+document.location.href+&quot;</a>&quot;; // change this if you want
var copytext = selection + pagelink;
var newdiv = document.createElement('div');
newdiv.style.position='absolute';
newdiv.style.left='-99999px';
body_element.appendChild(newdiv);
newdiv.innerHTML = copytext;
selection.selectAllChildren(newdiv);
window.setTimeout(function() {
body_element.removeChild(newdiv);
},0);
}document.oncopy = addLink;
</script>
Keterangan
Anda dapat mengganti tulisan “sumber” diatas, fungsinya adalah otomatis memberikan sumber dan link anda akan tertempel di blog yang menggunakan artikel anda.
Jadi tanpa harus menegur sumber link sudah tertuju ke link artikel yang sebelumnya anda buat pada saat pembuatan artikel.

Langkah kedua 
  • Cari kode  <head> selanjutnya anda dapat melihat tampilan pertama head di halaman edit HTML.
  • Pasang kode htmlnya tepat dibawah kode <head>.  
  • Kode awal <script type=’text/javascript’> kode khir </script>.
Langkah ketiga
Anda dapat menyimpannya dengan cara klik simpan template. Dengan cara itu anda telah berhasil memasang kode htmlnya. Selanjutnya anda cek dengan cara copy artikel nya dan pastekan di blog yang berbeda. Jika berhasil anda akan melihat link akan tercantum sebagai sumber di blog dengan artikel hasil karya anda.
Nah itu artikel mengenai tentang bagaimana cara membuat hak cipta pada blog, sngat mudah bukan. Semoga artikel ini dapat membantu dan berguna bagi sobat semua.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top